Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,penggunaan,
serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan
keputusan dilakukan dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan
keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen
ada 2 :
1.
Pendekatan Marginal Utility (Cardinal),
beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu satuan, misalnya Uang
2.
Pendekatan Indefference Curve (Ordinal), beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat
diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasan Konsumen hanya dapat dinyatakan
lebih tinggi atau lebih rendah, Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan
anggapan sebagai berikut :
a.
Utility
bisa diukur dengan uang.
b.
Hukum
Gossen berlaku yang menyatakan bahwa "Semakin banyak sesuatu barang
dikonsumsi, maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan
yang dikonsumsi akan menurun".
c.
Konsumen
berusaha memaksimumkan kepuasan.
Konsumen adalah setiap orang
pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri
sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk
diperdagangkan.
Ciri-ciri konsumen menurut kotler (2000) :
a.
Loyal terhadap produk
Konsumen
yang pas cenderung loyal dimana mereka akan membeli ulang dari produsen yang
sama.
b.
Adanya komunikasi dari mulut ke muluet yang bersifat positif
Komunikasi
dari mulut ke mulut yang bersifat positif yaitu rekomendaasi kepada calon
konsumen lain dan mengatakan hal-hal yang baik mengenai produk dan perusahaan.
c.
Perusahaan menjadi pertimbangan utama ketika membeli merek lain ketika konsumen
ingin membeli produk yang lain, maka perusahaan yang telah memberikan kepuasan
kepadanya akan menjadi pertimbangan yang utama.
Kekuatan
utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen adalah selalu
berinovasi dan benrinovasi produk baru tetapi tidak mengurangi kualitas produk
itu sendiri bahkan seharunya lebih di tingkatkan lagi kualitas produk agar konsumen
semakin percaya terhadap apa yang sudah mereka gunakan.
Sumber
:
·
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
·
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_ekonomi/Bab_2.pdf
·
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
·
http://haneeyblog.blogspot.com/2011/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar