Selasa, 01 Oktober 2013

PENDAHULUAN : PERILAKU KONSUMEN

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarianpemilihanpembelian,penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. 

Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen ada 2 :
1.   Pendekatan Marginal Utility (Cardinal), beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu satuan, misalnya Uang 
2.   Pendekatan Indefference Curve (Ordinal), beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasan Konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah, Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut :
a.   Utility bisa diukur dengan uang.
b.   Hukum Gossen berlaku yang menyatakan bahwa "Semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan yang dikonsumsi akan menurun".
c.   Konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan.
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Ciri-ciri konsumen menurut kotler (2000) :
a. Loyal terhadap produk
Konsumen yang pas cenderung loyal dimana mereka akan membeli ulang dari produsen yang sama.

b. Adanya komunikasi dari mulut ke muluet yang bersifat positif
Komunikasi dari mulut ke mulut yang bersifat positif yaitu rekomendaasi kepada calon konsumen lain dan mengatakan hal-hal yang baik mengenai produk dan perusahaan.

c. Perusahaan menjadi pertimbangan utama ketika membeli merek lain ketika konsumen ingin membeli produk yang lain, maka perusahaan yang telah memberikan kepuasan kepadanya akan menjadi pertimbangan yang utama.

Kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen adalah selalu berinovasi dan benrinovasi produk baru tetapi tidak mengurangi kualitas produk itu sendiri bahkan seharunya lebih di tingkatkan lagi kualitas produk agar konsumen semakin percaya terhadap apa yang sudah mereka gunakan.

Sumber : 
·        http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
·        http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_ekonomi/Bab_2.pdf
·        http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
·        http://haneeyblog.blogspot.com/2011/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar